Selasa, 09 April 2013

RESUME KELOMPOK 2 TENTANG “PERILAKU KONSUMEN”



Teori tentang perilaku konsumen merupakan salah satu pembahasan penting dalam manajemen pemasaran . dari perilaku konsumen itu sendiri dapat diartikan sebagai interaksi dinamis antara perilaku dan lingkungan, dimana manusia melakukan pertukaran dalam berbagai aspek di kehidupan mereka. Selain itu, teori ini juga sangat penting dalam bisnis karena dalam mencapai tujuan pemasaran sangatlah bergantung pada pengetahuan pelayanan dan pengaruh pada konsumen. Dengan mengetahui teori ini, kita jadi lebih mudah dalam menetapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target pemasaran kita. Berikut adalah pembahasan dari segala pertanyaan yang di tujukan pada kelompok 2.
1.      Dalam perilaku konsumen mengapa faktor budaya lebih luas cangkupannya dari pada faktor yang lain?
Jawab:
Karena faktor budaya itu lebih dominan di Negara Indonesia di bandingkan dengan Negara lain. Contohnya seperti tukang dagang keliling atau mungkin pedagang kaki lima, di Indonesia hal seperti itu sudah biasa, jadi sekedar untuk mencari makanan atau minuman kecil seperti bakso atau es cincau mudah di dapat dimana saja. Tetapi di Negara lain, mungkin hanya untuk sekedar mencari air mineral saja harus membeli ke super market terdekat, karena disana tidak ada budaya seperti di Indonesia yang sudah disebutkan tadi.

2.      Mengapa tingkat kebutuhan konsumen dapat di ukur dengan satuan ukur misalnya berat panjang dan uang, berikan contohnya?
Jawab:
Karena biasanya keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang dilakukan perbandingan antara manfaat yang diperoleh dengan biaya yang harus dikeluarkan. Contohnya seperti membeli handphone, biasanya orang atau konsumen yang serius membeli produk dengan kelebihan dari produk yang diinginkan akan mencari informasi dengan jelas tentang fitur dari produk yang ingin dibeli untuk selanjutnya barulah memikirkan untuk mempersiapkan anggaran walaupun harga produk yang diinginkan sangat mahal, demi tercapainya kepuasan dari produk itu sendiri.
 

Diah Kusumawardani Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger