Teori tentang perilaku konsumen merupakan
salah satu pembahasan penting dalam manajemen pemasaran . dari perilaku
konsumen itu sendiri dapat diartikan sebagai interaksi dinamis antara perilaku
dan lingkungan, dimana manusia melakukan pertukaran dalam berbagai aspek di
kehidupan mereka. Selain itu, teori ini juga sangat penting dalam bisnis karena
dalam mencapai tujuan pemasaran sangatlah bergantung pada pengetahuan pelayanan
dan pengaruh pada konsumen. Dengan mengetahui teori ini, kita jadi lebih mudah
dalam menetapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target pemasaran
kita. Berikut adalah pembahasan dari segala pertanyaan yang di tujukan pada
kelompok 2.
1.
Dalam
perilaku konsumen mengapa faktor budaya lebih luas cangkupannya dari pada
faktor yang lain?
Jawab:
Karena faktor budaya itu lebih dominan
di Negara Indonesia di bandingkan dengan Negara lain. Contohnya seperti tukang
dagang keliling atau mungkin pedagang kaki lima, di Indonesia hal seperti itu
sudah biasa, jadi sekedar untuk mencari makanan atau minuman kecil seperti bakso
atau es cincau mudah di dapat dimana saja. Tetapi di Negara lain, mungkin hanya
untuk sekedar mencari air mineral saja harus membeli ke super market terdekat,
karena disana tidak ada budaya seperti di Indonesia yang sudah disebutkan tadi.
2.
Mengapa
tingkat kebutuhan konsumen dapat di ukur dengan satuan ukur misalnya berat
panjang dan uang, berikan contohnya?
Jawab:
Karena biasanya keputusan untuk
mengkonsumsi suatu barang dilakukan perbandingan antara manfaat yang diperoleh
dengan biaya yang harus dikeluarkan. Contohnya seperti membeli handphone,
biasanya orang atau konsumen yang serius membeli produk dengan kelebihan dari
produk yang diinginkan akan mencari informasi dengan jelas tentang fitur dari
produk yang ingin dibeli untuk selanjutnya barulah memikirkan untuk mempersiapkan
anggaran walaupun harga produk yang diinginkan sangat mahal, demi tercapainya
kepuasan dari produk itu sendiri.